Perpustakaan Madrasah Adalah Jantungnya Pendidikan
Padang, Humas
Perpustakaan madrasah memiliki peran penting untuk mendukung minat baca dan menumbuhkan budaya literasi informasi bagi peserta didik di madrasah. Perpustakaan MTsN 7 Kota Padang yang melaksanakan fungsi sebagai pusat pendidikan, pusat informasi, dan pusat rekreasi. Dalam melaksankan fungsi-fungsi tersebut perpustakaan MTsN 7 Kota Padang telah menghimpun, mengelolaan dan menyajikan bahan pustaka sebagai sumber informasi agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh peserta didik, sehingga dapat memperluas wawasan dan menambah informasi. Sebagai Sumber belajar di Madrasah menyediakan bermacam ragam buku pembelajaran dan buku literasi lainnya, pada dasarnya Keanekaragaman sumber belajar tersebut perlu diidentifikasi, disediakan, dikembangkan dan dimanfaatkan untuk memudahkan terjadinya proses pendidikan dan pembelajaran, salah satunya adalah pentingnya perpustakaan di sebuah madrasah karena madrasah adalah jantungnya pendidikan. Sehingga perpustakaan madrasah merupakan salah satu bagian yang sangat penting dari program madrasah secara keseluruhan. Perpustakaan sebagai gudang informasi dan ilmu pengetahuan selayaknya menjadi sumber belajar yang digunakan oleh guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran. Terlebih pada era Kurikulim Merdeka (Kumer), menyiratkan perlunya meningkatkan peran perpustakaan madrasah sebagai penunjang kegiatan pembelajaran siswa dan guru.
Ahmad Efendi, S.Pd kepala perpustakaan MTsN 7 Kota Padang ditemui diruang kerjanya mengatakan "tujuan perpustakaan madrasah pada dasarnya adalah sebagai wahana informasi yang dibutuhkan oleh siswa, guru dan karyawan yang ada di lingkungan madrasah, sehingga proses penyebaran informasi di madrasah dapat berjalan dengan baik. Sehingga penyelenggaraan perpustakaan madrasah bukan hanya untuk mengumpulkan dan menyimpan bahan-bahan pustaka saja, melainkan diharapkan mampu membantu siswa dan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, sehingga tujuan pembelajaran serta kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik dapat tercapai dengan lebih mudah", ujarnya.
Perpustakaan madrasah tampak bermanfaat apabila benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses belajar mengajar di madrasah. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya berupa tingginya prestasi siswa tetapi lebih jauh lagi antara lain siswa mampu mencari, menemukan, menyaring dan menilai informasi sehingga siswa menjadi terbiasa belajar mandiri. (jm)
Komentar